Website Resmi Desa Mojorejo
Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan
DUKUH MOJO MULYO RT 016 RW 003 DESA MOJOREJO KECAMATAN KAWEDANAN KABUPATEN MAGETAN

mojorejo01@yahoo.com
351438105
Kode Pos: 63382

RANGKAIAN KEGIATAN MPLS RAMAH ANAK DI TK DHARMA WANITA MOJOREJO DAN KB PUTRA BERLIAN, 14-18 JULI 2025

Mojorejo, 14-18 Juli 2025 – TK Dharma Wanita Mojorejo dan KB Putra Berlian sukses menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk tahun ajaran 2025/2026 dengan tema “MPLS Ramah Anak: Membangun Anak Indonesia Hebat di Fase Fondasi ”. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari, mulai 14 hingga 18 Juli 2025, dirancang untuk menciptakan pengalaman awal yang menyenangkan, aman, dan mendidik bagi anak-anak usia dini, sejalan dengan panduan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen).

Tujuan Kegiatan MPLS ini bertujuan untuk:

  • Memperkenalkan lingkungan sekolah kepada anak-anak baru secara interaktif dan menyenangkan.
  • Membangun rasa percaya diri, kemandirian, dan kecintaan terhadap sekolah.
  • Menanamkan nilai-nilai positif, seperti kerja sama, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan.
  • Membantu anak beradaptasi dengan warga sekolah, fasilitas, dan rutinitas pembelajaran.

Kegiatan Bercerita di MPLS TK Dharma Wanita Mojorejo

Rangkaian Kegiatan

Kegiatan MPLS di kedua lembaga ini dirancang dengan pendekatan ramah anak, mengedepankan prinsip inklusif, edukatif, dan partisipatif. Berikut adalah rangkuman kegiatan selama enam hari:

  • Hari 1: anak-anak di ajak senam ceria, menyayikan lagu-lagu anak dan perkenalan diri
  • Hari 2 : anak-anak bermain di luarr dengan membuat lingkaran besar dan kecil , bermain ular naga panjangnya
  • Hari 3 : anak-anak di kenal kan dengan permainan di sekitar sekolah dan serunya bermain di luar
  • Hari 4 : anak-anak belajar menjaga kebersihan dangan memungut sampah di taman sekolah.
  • Hari 5 : anak-anak fun gemes dengan ibu dan anak

Hasil dan Dampak

Kegiatan MPLS Ramah Anak ini mendapat respons positif dari anak-anak, orang tua, dan guru. Anak-anak yang awalnya cemas mulai menunjukkan kenyamanan dan keceriaan sejak hari ketiga. Interaksi sosial, kemandirian, dan rasa percaya diri anak-anak meningkat secara bertahap. Orang tua juga mengapresiasi pendekatan yang menyenangkan dan tidak membebani, serta melibatkan mereka melalui sesi informasi pada hari terakhir.

Guru mencatat bahwa kegiatan berbasis bermain, seperti permainan teka-teki dan cerita dongeng, efektif dalam membantu anak beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, kegiatan ini berhasil menanamkan nilai-nilai seperti kebersihan, kerja sama, dan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini.

Penutup

MPLS Ramah Anak di TK Dharma Wanita Mojorejo dan KB Putra Berlian berhasil menciptakan pengalaman awal yang menggembirakan dan bermakna bagi anak-anak. Dengan pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan usia dini, kegiatan ini tidak hanya membantu anak beradaptasi, tetapi juga menumbuhkan semangat belajar dan rasa cinta terhadap sekolah. Diharapkan, momen ini menjadi langkah awal yang positif dalam perjalanan pendidikan mereka.